Apple akan Pakai Modem 5G dari Qualcomm Hingga 2024

Posted on

Apple akan Pakai Modem 5G dari Qualcomm Hingga 2024 – Ketika iPhone 12 dibongkar, tidak hanya ditemukan kapasitas baterai yang disematkan. Apple juga memuat modem 5G buatan Qualcomm ke dalam smartphone barunya itu. Kini, Apple mengungkapkan bahwa mereka akan terus menggunakan modem 5G Qualcomm setidaknya hingga 2024.

Apple akan Pakai Modem 5G dari Qualcomm Hingga 2024

Pertama kali dilaporkan oleh MacRumors (via GSMArena), halaman 71 dari dokumen yang muncul di Twitter, menunjukkan akhir perjanjian antara Apple dengan Qualcomm. Sekadar informasi untuk kalian, perjanjian Apple dengan Qualcomm ini sendiri mulai ditandatangani pada tahun 2019.

Pada halaman 71 dari dokumen tersebut terungkap sebuah penyataan yang berbunyi bahwa Apple berencana meluncurkan beberapa produk komersial yang di dalamnya akan memuat modem Qualcomm X55 5G. Produk komersial Apple dengan modem 5G Qualcomm itu akan dihadirkan antara 1 Juni 2020 hingga 31 Mei 2021.

Baru-baru ini, ketika iPhone 12 yang sudah diperkenalkan secara resmi oleh Apple dibongkar, terungkap bahwa di dalam smartphone tersebut ada modem Qualcomm X55 5G. Hal itu menunjukkan bahwa Apple memang telah menjalankan perjanjian tersebut.

Karena disebutkan tanggal akhir perjanjian hingga 31 Mei 2021, tak sedikit pengamat yang memperkirakan bahwa Apple juga akan memuat modem 5G serupa ke dalam iPad Pro terbarnya. Itu pun jika rakasa teknologi asal Cupertino, Amerika Serikat tersebut meluncurkannya dengan konektivitas 5G.

Sesuai kesepakatan, Apple juga bermaksud untuk menggunakan modem

Qualcomm X60 5G di beberapa model antara 1 Juni 2021 hingga 31 Mei 2022. Jika harus menebak, bisa jadi modem 5G Qualcomm tersebut nantinya akan hadir di iPhone generasi berikutnya, dan selanjutnya di produk lain.

Selain itu, Apple juga berkomitmen untuk menggunakan modem Qualcomm yang akan datang. Perjanjian tersebut menyebutkan modem yang belum diumumkan seperti X65 dan X70. Jika Apple tertarik menggunakan modem X60 5G, itu dibangun dengan fabrikasi 5nm yang lebih baik daripada 7nm, yang ada pada pendahulunya, X55.

Oleh karena itu, modem 5G yang akan datang harus memiliki efisiensi baterai yang lebih baik, mencakup lebih banyak bandwidth dan sebagainya. Selain itu, tidak hanya pernyataan tentang modem baru, tetapi mungkin juga telah mengkonfirmasi penamaannya.

Meskipun demikian, Apple akan menggunakan modem X65 dan X70 mulai 1 Juni 2022 hingga 31 Mei 2024. Meskipun masih jauh dari sekarang, pernyataan tersebut sangat mengisyaratkan bahwa produk masa depan Apple akan membawa chipset Qualcomm dan transisi ke 5G.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *