Apple Perkenalkan Apple M1 Prosesor Pertama Berbasis ARM untuk Mac

Posted on

Apple Perkenalkan Apple M1 Prosesor Pertama Berbasis ARM untuk Mac – Apple kembali membuat kejutan setelah beberapa minggu lalu memperkenalkan iPhone 12 Series. Raksasa teknologi yang dipimpin oleh Tim Cook ini baru saja mengumumkan kehadiran prosesor Apple Mac pertama yang akhirnya menjadi kenyataan. Prosesor yang dimaksud adalah Apple M1.

Apple Perkenalkan Apple M1 Prosesor Pertama Berbasis ARM untuk Mac

Apple mengklaim bahwa prosesor yang dibangun untuk Mac terbarunya ini tidak hanya unggul di sektor inti CPU tercepat di dunia, tetapi juga terintegrasi dengan GPU tercepat. Keuntungan lainnya yang ditawarkan adalah prosesor ini lebih hemat dalam hal efesiensi energi yang digunakan.

Dari atas panggung Apple menjabarkan bahwa Apple M1 adalah prosesor 5nm dengan dukungan 16 miliar transistor. Sebagai perbandingan, chipset Apple A14 yang ditanam ke dalam iPhone 12 Series hanya memiliki 11,8 miliar transistor. Jadi, di atas kertas memang ada peningkatan yang dilakukan oleh Apple.

Prosesor ini masih serupa dengan mobile chipset (dan APU konsol) karena memiliki arsitektur memori terpadu. Ini menandakan bahwa memori yang sama dapat diakses oleh CPU, GPU, I /O Controler, dan komponen lain tanpa harus menyalurkan data melalui PCIe.

CPU terdiri dari empat inti besar dan empat inti kecil

Core besar berbagi 12MB L2 cache, yang kecil memiliki 4MB L2. Bekerja bersama, keduanya diklaim oleh Apple dua kali lebih cepat dari “prosesor di laptop PC terbaru” jika dibatasi pada TDP 10W dan jika ada pendinginan yang cukup, keduanya dapat bekerja lebih cepat.

Apple juga sesumbar bahwa prosesor barunya untuk Mac ini lebih efisien daripada chipset yang tidak mau disebutkan namanya (mungkin Intel). Dikatakan, Apple M1 hanya menggunakan seperempat daya pada kinerja yang sama. Secara keseluruhan, kinerja per Watt menjadi tiga kali lipat.

Selain itu, GPU juga dirancangg dengan desain arsitektur Octa-core, total memiliki 128 unit eksekusi. Ini adalah GPU terintegrasi tercepat, kata Apple, dengan peringkat 2,6 TFLOPS. Ya! Lebih cepat dari NVIDIA 1050 Ti, yang hanya menawarkan 2,1 TFLOPS.

Neural Engine 16-inti M1 akan menjalankan algoritma machine learning pada 11 TOPS. Ada juga mesin encode/decode media canggih di dalam chipset tersebut serta prosesor sinyal gambar. Enklave aman Apple juga tertanam dalam chipset, tidak perlu chip T2 terpisah.

Prosesor Apple M1 mendukung Thunderbolt, tidak seperti kebanyakan platform non-Intel, sehingga pengguna Apple akan terus menikmati penyimpanan eksternal yang cepat dan aksesori lainnya. Ada juga dukungan USB 4 di dalamnya. Apple juga telah meluncurkan tiga Mac terbaru yang sudah didukung oleh Apple M1.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *