Huawei Mate 40 Dapat Jadi Hp Terakhir Yang Pakai Chipset Kirin

Posted on

Sekarang ini kelihatannya Huawei semakin merasai dampak dari perang dagang antar China serta Amerika. Dalam satu acara, CEO Huawei Richard Yu yang bicara di China Information Technology Summit 2020, dianya bicara mengenai flagship terbaru, yakni Mate 40.

Ia menceritakan bila sekarang ini perusahaan sedang hadapi permasalahan suplai elemen hp ini sebab perang dagang yang terus bersambung. Salah satunya elemen itu adalah permasalahan Chipset paling baru mereka, yakni Kirin 1000.

Chipset Kirin 1000 ialah chipset flaghsip paling baru dari Huawei yang akan dipublikasikan di IFA pada awal September akan datang, sebelum mengawali kiprahnya pada barisan Huawei Mate 40. Chipset ini adalah chip 5 nm yang akan dibikin oleh TSMC.

Tetapi, sebab ada ketetapan dimana AS akan memblok TSMC dari pengerjaan chip untuk Huawei mulai tengah September. Membuat Huawei kuatir sebab pasti mereka harus cari sumber pembuat chipset baru. Beruntungnya, Huawei sudah amankan chip yang cukup untuk 15 juta Mate 40s, serta menurut perusahaan cukup.

“Huawei habiskan lebih dari satu dasawarsa mendalami chipset, dari ‘sangat tertinggal’ jadi ‘sedikit di belakang’ jadi ‘akhirnya menyusul’ jadi ‘mengarah’ sampai saat ini dilarang,” kata Yu.

Dianya menjelaskan bila menyesal sebab mereka tidak lakukan investasi pada sarana yang oke untuk produksi chipset bikinan mereka.

“Kami lakukan investasi R&D yang besar serta lewat perjalanan yang susah. Sayangnya, dalam soal produksi semikonduktor, Huawei tidak berperan serta dalam investasi beberapa aset berat di bagian ini; kami cuma lakukan design chip tapi melepaskan produksi chip.” sambungnya.

Sekarang ini ada pilihan pembuat chipset lain seperti SMIC. Tetapi Yu mengutarakan bila produsen chip China seperti SMIC sekarang ini tidak mempunyai kekuatan untuk tutupi kekurangan itu.

Sumber: Endgadget

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *