Periset dapatkan tehnologi monitor yang bisa benahi kerusakan sendiri

Posted on

 

 

Satu team periset dari Institut Sains dan Tehnologi Korea (KIST) sukses mendapati tehnologi monitor yang bisa membenahi kerusakan sendiri memakai minyak biji rami.

Salah satunya factor yang membuat suatu hp android tidak tahan lama ialah saat pemakainya kerap jatuhkan piranti itu. Handphone sekarang benar-benar mempunyai monitor yang beragam, tetapi ini membuat ketahanan dari hp itu lebih rawan. Beberapa periset juga cari jalan keluar berbasiskan tehnologi dari persoalan ini. Mujur, team periset asal Korea sukses meningkatkan tehnologi yang bisa lakukan pengobatan diri dan membenahi keretakan pada monitor hp.

Team dari Institut Sains dan Tehnologi Korea (KIST) memakai linseed oil untuk meningkatkan tehnologi itu. Dijumpai, linseed oil adalah minyak dari biji tanaman rami. Bahan itu diadaptasikan oleh periset ke polimer tidak warna atau CPI – pilihan kaca yang banyak dipakai di monitor handphone lipat Yowinjoker .

“Kami sanggup meningkatkan tehnik pengobatan diri, polimida tidak warna yang secara radikal bisa menangani karakter fisik dan usia bahan polimer yang hancur,” kata beberapa periset dikutip dari Science Alert (22/12).

Linseed oil ditempatkan periset ke dalam mikrokapsul yang digabung dengan bahan silikon

Kombinasi bahan itu selanjutnya ditempatkan di atas CPI selaku lapisan. Saat berlangsung kerusakan pada CPI, secara automatis mikrokapsul akan pecah dan melepas kandung minyak yang ada dalam dalamnya. Proses pengobatan diri berlangsung saat zat minyak tercemar oleh udara. Zat itu akan mengeras dan gantikan bahan yang hancur seperti baru.

Proses pengobatan diri ini dikuasai oleh suhu, kelembapan, dan cahaya ultraviolet. Walau tetap bekerja pada temperatur ruang, suhu yang tinggi, kelembapan yang semakin besar, dan ada cahaya ultraviolet, bisa percepat proses pengobatan. Periset mengakui keadaan bagus di bawah radiasi UV bisa gantikan kerusakan sampai 91% dalam kurun waktu 20 menit.

Tehnologi solutif ini diinginkan bisa bekerja melebihi monitor handphone saja. Sebab CPI adalah bahan yang bisa dipakai dimanapun, periset mengharap tehnologi yang ditemukan itu bisa tingkatkan ketahanan piranti secara detail.

“Kami memperhitungkan jika polimer dengan kekuatan pengobatan diri kita ini selanjutnya bisa dipakai secara luas dalam program luar ruang, sama dalam monitor terbuka atau sektor elektronik fleksibel yang berkaitan secara optik,” catat beberapa periset dalam makalah mereka yang diedarkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *