Review Razer Huntsman Mini Keyboard Gaming 60% yang Cocok untuk Game Shooter

Posted on

Review Razer Huntsman Mini Keyboard Gaming 60% yang Cocok untuk Game Shooter – Bagi kamu yang suka memainkan game PC bergenre shooter, FPS maupun TPS, apalagi yang punya kebiasaan menggerakkan mouse dengan jangkauan yang luas, memiliki meja dengan ruang yang lega merupukanan suatu kebutuhan.

Review Razer Huntsman Mini Keyboard Gaming 60% yang Cocok untuk Game Shooter

Oleh karena itu, diperlukan keyboard dengan desain ringkas, yang tidak banyak memakan tempat agar ruang di meja bisa lebih lega untuk gerangan mouse kamu. Nah, untuk mewujudkan kebutuhan itu, hadirlah keyboard dengan desain 60% yang hanya terdiri dari tombol pengetikan, tanpa ada tombol arah dan nomor di sebelah kanan. Meski sebagian tombol tidak ada, keyboard 60% tetap menghadirkan fungsi alternatif yang cukup lengkap di tombol yang ada melalui tombol Fn.

Salah satu brand gaming yang telah memiliki produk keyboard 60% adalah Razer melalui Razer Huntsman Mini. Razer Huntsman Mini hadir dengan form factor yang sangat ringkas, namun tetap tidak mengurangi fungsinya sebagai keyboard yang lengkap. Tersedia dalam dua pilihan warna, yaitu Black (hitam) dan Mercury (putih), keyboard ini menggunakan switch mekanis optik bernama Razer Optical Switch (ungu) yang ringan dan cilcky yang khas keyboard gaming banget.

Tombolnya memiliki actuation distance (jarak tekan) 1,5mm dengan actuation force (bobot tekanan) 45 gram. Selain Razer Optical Switch, ada lagi varian Razer Huntsman Mini yang menggunakan switch berbeda, yaitu Linear Optical Switch yang memiliki suara yang lebih senyap dan empuk, dengan actuation distance 1,2mm dan actiation force 48 gram.

Untuk yang di-review ini, switch yang digunakan adalah Razer Opticam Mouse

Rasanya sangat ringan dan responsif. Sejauh ini, pengalaman yang Kru KotGa rasakan sangatlah nyaman. Tombolnya memiliki permukaan yang agak cekung, yang diklaim mampu mencegah typo atau selip saat mengetik. Khususnya ketika gaming. Menurut saya, desain tombol seperti ini meningkatkan akurasi saat mengetik.

Kemudian, kabel keyboard bisa dilepas pasang, dengan konektor USB Type-A to Type-C yang mana Type-C untuk sambungan ke keyboard, sedangkan ke PC menggunakan Type-A. Menurut saya, sejauh ini, fitur ini hanya gimmick yang tidak begitu perlu. Namun, dengan bisa dilepasnya kabel, bis amemudahkan dalam proses pengemasan ke boks.

Untuk material, Razer Huntsman Mini terbuat dari plastik. Namun, permukaan keyboard, antara tombol dan body-nya dilapisi oleh material metal alumunium. Jadi, walaupun terbuat dari plastik, build quality-nya sangat kuat. Razer Huntsman Mini juga dilengkapi Razer Aura RGB yang mana efek dan pencahayaannya bisa diatur melalui aplikasi Razer Synapse. Aplikasi tersebut juga bisa digunakan untuk mengatur fungsi dari semua tombol (kecuali tombol yang memiliki fungsi kedua) melalui fitur Hypershift.

Hypershift adalah pengaturan tombol layaknya Shift di keyboard biasa yang berguna untuk

Capslock atau memanggil simbol kedua dari setiap tombol, Hypershift ini lebih canggih lagi. Karena bisa diatur untuk memanggil aplikasi tertentu melalui tombol yang ditunjuk. Contohnya, dalam mode Hypershift, kamu ingin memanggil Calculator menggunakan tombol A, B atau sesuai keinginan kamu.

Nah, beberapa tombol di keyboard ini juga dilengkapi dengan fungsi kedua. Ditandai dengan simbol yang terdapat pada sisi depan tombol. Seperti tombol J yang berfungsi sebagai panah kiri, K sebagai panah bawah, L sebagai panah kanan, dan I sebagai panah atas. Pengguna bisa mengakses fungsi kedua dengan menekan tombol Fn. Ketika tombol Fn ditekan, tombol yang memiliki fungsi kedua akan menyala. Sedangkan cahaya pada tombol yang tidak memiliki fungsi kedua akan tidak aktif.

Jadi, perlu penyesuaian kebiasaan ketika pertama kali menggunakan keyboard jenis ini. Namun, berdasarkan pengalaman saya setelah beberapa hari penggunaan. Waktu penyesuaian dirinya tidak lama, lebih kurang dua hari agar lancar dengan fungsi Fn ini. Bagi saya, yang paling terasa adalah agak canggung ketika ingin menggunakan tombol panah. Yang biasanya langsung tekan, dengan keyboard ini harus tekan Fn dulu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *